Cerita Lucu : Keluarga Lebay

cerita lucu


"KELUARGA LEBAY "


Iqbaal dan (nk) adalah sepasang kekasih. Mereka masih kelas 12 SMA.ceritanya hari ini pertengahan bulan Ramadhan/Puasa.
“kalo lo gue ajakin begadang dirumah gue,mau gak yang?” ajak (nk) kontan bikin iqbaal kaget.
“hah?nginep?tidur di rumah lo?” iqbaal antusias
“bukan nginep tapi begadang .yang namanya begadang itu gak tidur . gimana sih lo!” (nk) bete,iqbaal gak bisa bedain tidur sama begadang.
Waktu jam istirahat itu,mereka lagi jalan berduaan di koridor sambil menuju ke kelas mereka. Peraturan dan kesepakatan keduanya tentang pantangan pacarn di bulan puasa,masih berlaku. Kalo jalan gak boleh pegangan tangan,apalagi pegangan kaki *loh?*. kalo ngobrol gak boleh sambil pandang2an dan kalo kencan kemanapun gak boleh ke restoran,kecuali kalo udah adzan maghrib *ya iyalah!*
“emang ada acara apa sih (nk),di rumah lo?” iqbaal masih penasaran ,nanya ke (nk) sambil ngeliat ke arah depan,gak ngeliat ke arah (nk).
“buka puasa bersama ,dilanjutin shalat isya and shalat terawih,kemudian main kembang api..abis itu...... lo temenin bokap gue ngeronda”
“hah ngeronda?”
“iya ngeronda. Lo tau kan ronda? Itu yang bulet and bisa muter,yang suka di pake di sepeda,motor and mobil”
“ITU RODAAAAA (NK).....”
“haghaghaghag....” (nk) ketawa, iqbaal nutup idungnya,kemudian (nk) ngelanjutin lagi.
“pokoknya,ajakn yang munkin Cuma sekali seumur hidup ini,langsung datang dari bokap gue sendiri,alias calon mertua lo,yang entar bakalan jadi kakek dari anak-anak kita. So,kalo elo gak mau bukan gue aja yang kecewa ,tapi juga bokap,nyokap,para pembantu,sopir termasuk calon anak kita masa depan,bakal kecewa!”
“busett... calon anak????” iqbaal shock.
“duhhh (nk),plis deh jangan ngaco.kalo ngomong. Kalo kedengeran orang lain,bisa bahaya. Disangkanya kamu udah puny anak! Disangkanya kita berbuat yang enggak enggak ,padahal kita selalu berbuat yang iya iya.”
“yeee bukan gitu maksud gue,”(nk) ngelarat.
“calon anak itu bukan tentu bayi yang lagi ada di dalam kandungan,tetapi anak yang bakal lahir sepuluh atau belasan tahun nanti” lanjut (nk).
“iyeee tapi gak usah bawa-bawa calon anak juga kalee!!!” ucap iqbaal.
“ya,elo juga biasa aja kalee! Emang mau , kalo ntar setelah nikah,kita gak punya anak?engga kan?”
“ya ampun (nk) sayang...! kok pikirannya jauh banget sih,sampe udah mikirin mau nikah segala? Sekolah aja belum beres,belum kuliah,belum kerja,terus kita belum tentu.......”iqbaal ngegantung kalimatnya.
“BELUM TENTU APA?” (nk) menoleh ke arah iqbaal. Matanya melotot dan kalo disinetron,suka ada backsound :JENGJENG!!!!
“ng... itu,(nk).. belum.. tentu... itu... apa... ya..?”jawab iqbaal dengan terbata2.
“ohh... gue tau! Maksud lo kita belum tentu berjodoh kan? Belum tentu kita pacaran sampe nikah,kan? JAWAB “
Iqbaal menjadi gelagapan .mereka berhenti di depan sebuah kelas. Beberapa anak menyaksikan adegan dramatis itu.
“duhh,maksud gue bukan gitu.(NK).maksud gue....”
“gue gak nyangka,baal..” tiba2 (nk) menganbil tisyu di saku baju nya,kemudian ngusap matanya yang belum keluar airnya *loh?*
“gue udah yakin seratus persen dan yakin kalo cinta kita abadi selamanya hingga sampai akhir hayat nanti. Hati gue udah mentok gak bisa berpindah kelain hati lagi,tapi ternyata.... lo ragu ! lo ragu sama kekuatan cinta kita yang udah banyak godaan,halangan,rintangan,pantangan. Gue udah salah nilai lo. Gue...” (nk) gak nerusin kata-katanya . (nk) langsung balik badan ninggalin iqbaal masuk ke kelas dengan air mata yang berderai.
“(nk)...(nk)....! denger penjelasan gue..”
BRAKKKK!!!!
Pintu kelas di tutup (nk) dengan kasar.
“(NK) ,BUKA PINTUNYA,(NK)...” iqbaal menggedor pintu kelas. Beberapa siswa-siswi makin banyak yang memerhatikan mereka.
“DENGER DULU PENJELASAN GUE!!!!”
“GUE ENGGAK MAU PENJELASAN PENJELASAN LO ! PERGI!!!”
“oke,(nk). Gue minta maaf kalo salah. Tapi lo harus sadar.”
“SADAR APA MAKSUD LO? EMANGNYA GUE PINGSAN !” (nk) masih marah sambil nangis di balik pintu.
“bukan (nk)... maksud gue ,lo harus sadar. Kalo lo..... salah masuk kelas!!!”
GUBRAK!!!!
(nk) langsung buka mata dan menatap ke sekelilingnya. Gak ada Bastian,Aldi,Kiki dan temen2 sekelasnya disitu. Wajah (nk) memerah karena malu udah nyasar masuk kelas yang salah. Kemudian anak2 di kelas itu ngetawain (nk).(nk) langsung buru-buru ngebuka pintu kelas dan muncul lagi wajah iqbaal di depannya.
“itu... (nk),kelas lo yang ada di sebelah” iqbaal menunjuk ke kelas (nk).
(nk) gak bisa ngomong apa2 lagi. (nk) langsung nangis lagi smabil berlari dramatis menuju ke kelasnya. Siswa-siswi yang ada di kelas tadi masih pada ketawa. Iqbaal Cuma geleng2 kepalanya dan ketawa kecil.

Di kompleks perumahan (nk) sebenarnya aman2 aja,gak ada yang namanya tugas ronda. Cuman,di kampung belakang perumahannya ternyata rawan kriminalitas. Banyak maling ayam,maling jemuran sampe banyak yang maling bambu.maling2 bambu maksudnya ,banyak yang suka maling barang yang terbuat dari bambu2 dan kayu,mungkin buat bikin kandang ayam buat si maling ayam. *loh?*
Yang jelas, minggu yang lalu udah terjadi kemalingan televisi dan ternyata korban kemalingan itu tenyata adalah rumah orang yang pemilik rumahnya justru yang lagi ngeronda. Dia mau tugas ngeronda ,tapi lupa ngunci pintu rumahnya.setelah sampe di pos ronda,kerjaannya main kartu remi sama domino alias gapleh,gak keliling. Yang ngeronda,ya ngeronda di pos ronda dan yang pada maling ya maling ke rumah si petugas ronda. Memang tercatat data kriminalitas dan laporan warga yang kemalingan ayam meningkat tajam di bulan puasa ini. Mungkin maling2 ayam itu mempersiapkan diri untuk menyambut lebaran buat bikin opor ayam.
“ohhh... jadi begitu ya,om?” iqbaal manggut2 denger cerita papanya (nk),sore itu di ruang tamu.,
“iya,begitu. Jadi,demi menganstisipasi dan menjaga keamanan di perumahan ini,kami juga mulai memberlakukan siskamling dan ronda,minimal dirumah masing2. Karena segala sesuatu yang baik harus baik dimulai dari diri sendiri dan lingkungan sendiri”jelas papahnya (nk). Iqbaal manggut2 sambil sesekali matanya mencari sosok kekasih hatinya yang lagi ngambek.
“tapi ,om. Tapi ngomong2 (nk)....”
“(nk) tentu saja mendukung kegiatan ini.”
“tapi,om. (nk).....”
“(nk) punya toak sendiri .keluarga kami masing2 punya toak. Jadi,kalo ada apa2 ,kami bisa berteriak pake toak masing2,gak perlu pinjem ke mesjid. Tau sendiri kan,saya juga sering liat di twitter ,kalo ada orang teriak2,banyak yang pake hastag ‪#‎pinjemtoakmesjid‬? Nah kalo keseringan di pinjem ,ntar kasian yang mau adzan jadi keganggu. So,saya akhirnya memilih memiliki toak sendiri .”
Iqbaal yang tadinya mau nanyain (nk) ,enggak jadi karena omongannya dipotong terus sama papahnya (nK). Tapi seenggak nya iqbaal akhirnya tau alesan papanya (NK) ngundang dia ke ruamh nya ,buat nemenin ngeronda.
Saat asyik2nya ngobrol . tiba2 bi Minah dateng bawa nampan yang berisi dua gelas jus jeruk.
“ayo... silahkan mas di minum”
Iqbaal dan papahnya (NK) saling pandang.
“loh ,bik? Ini masih jam 4 .buka puasa masih lama” papa (nk) ngingetin sambil ngeliat jam tangannya.
“waduuhhh saya lupa!” si bibi nepok jidatnya.
“ini kan bulan puasaya? Maaf,maaf tuan ..duhh ini kebiasan saya emang. Gak boleh liat tamu nganggur ,bawaannnya pingin nyuguhin minum mulu.” Si bibi ngambil dua gelas jus jeruk itu buat di bawa kedapur.
“ya udah ,kalo gak diminum.biar buat saya aja yang minum”
Glek,glek,glek..
Si bibi meminum segelas jus jeruk itu. Papanya (nk) melongo. Iqbaal? Apalagi!
“ehh emang bibi gak puasa ya?’ tanya iqbaal penasaran.
“lah,ya puasa dong ah. Masak gak puasa?”
“loh bi? Kalo puasa,kenapa jus jeruknya di minum? Kan belum adzan maghrib?”
Gubrak.
PRANG!!!!
Saking kagetnya si bibi gak sengaja ngegjatohin gelas yang dipegangnya.
“aduh... maaf..ya ampun...maaf tuan..duh..,udah salah ngasih minum,batal puasa,sekarang ngejatuhin gelas. Maaf tuan...”
Iqbaal yang enggak tega ngeliat si bibi,langsung ngebantuin mungut pecahan gelas itu. Papanya (NK) cuman geleng2 kepala. Gak tega ngemarahin si pelupa banget itu.
Mamanya (Nk) tiba2 datang dengan terpogoh-pogoh dari dalam rumah. Iqbaal agak heran ,karena mamanya (nk) dateng dengan membawa kertas plus meja dada sama pupennya juga. Bukannya ngebantuin mungutin pecahan kaca ,mamanya (nk) ternyata cuman nyatet,ngeliat jam di tangannya ,kemudina nyatet lagi.
“mama,nyatet apa sih? Bukannya ngebantyuin si bibi,malah...”
“ini juga lagi bantuin ,pa. Ini adalah data kinerja bibi yang lengkap. Gelas yang pecah ini adalah gelas ke-dua belas kalinya jatoh. Kalo papa mau liat,ini data lengkapnya. Di mana gelas itu pecah,tanggal berapa,hari apa,semua ada disini.”
“jadi....ini buakn yang pertama kalinya?”
“ya,bukanlah,pa. Kan udah di bilang ini kedua belas kalinya”
“iya..maaf tuan.. nyonya ... buat pengganti gelas2 yang saya pecahin,potong aja dari gaji saya”
“deall!!!” kata mama (nk) sambil senyum.
Iqbaal makin ngerti bahwa yang lebay dan aneh itu bukan cuman (nk),tapi keluarga dan pembantunya juga.

Dari semenjak buka puasa ,shalat terawih,bahkan sampe jam sepuluh malam. (Nk) gak nongol-nongol juga mungkin masih marah sama iqbaal. Mau buka puasa,makanannya di bawain si bibi ke kamarnya,mau sholat terawih juga iqbaal di suruh duluan ke mesjid lewat telpon. Tapi pas iqbaal balik lagi ke rumah (nk) ,ternyata (nk) gak nyusul ke mesjid karena (nk) sekeluarga shalat terawih berjamaah di rumah. Iqbaal makin bete. Padahal,iqbaal udah bawain (nk) kembang api,merecon sama petasan buat dinyalain di halaman rumah, tapi (nk) gak nongol-nongol. Akhirnya iqbaal ngebuang kembang api dan petasan itu ketempat sampah yan ada di halaman rumah.
Jam dua belas,iqbaal sama papanya (nk) tampak serius mandangin papan catur. Setelah beberapa lama terdiam, papanya (nk) nanya ke iqbaal.
“jadi ,kamu gak bisa main catur?”
“engak,om. Maaf...”
“ya udah kalau begitu. Saya juga enggak bisa.saya Cuma bisa masangin pion caturnya doang. Yuk,msukin lagi! Mending kita mulai ngerondanya.?
JIAHHHH......
Ternyata dua duanya enggak bisa main catur. Dari tadi mandangin papan catur, ternyata lagi mikirin gimana cara mainnya.
“pak budiman,tolong bapak cari roti sama kopi ,terus kasihin ke satpam-satpam di pos ya?” papa (nk) nyuruh pak budiman sopirnya,yang daritadi celingak-celinguk depan pagar sambil nyorotin senter ke sana kemari.
Beberapa saat kemudian terdengar suara bisik. Pintu garasi di buka,suara mesin mobil dihidupkan dan mobil pun mau keluar.
“pak budiman! Kenapa enggak pake motor?’
“anu tuan.... ban motor belakang kempes dan bensinnya abis”
“oh,ya udah kalo gitu.. “ papanya (nk) bukain pintu pagar dan pak budiman mengeluarkan mobilnya, terus ngasih uang ke papanya (nk).
“makasih...pak.., eh,loh, kok ngasih saya uang receh? Apaan nih? Emangnya saya tukang parkir! Saya kan bos kamu.”
“ehh,iya ,maaf tuan,lupa.kebiasaan...”
Iqbaal makin takjub ngeliat tingkah laku sopir dan papanya (nk).
(nk) yang kamarnya di lantai dua, terbangun denger suara berisik dibawah. Dia ngeliat ke halaman rumahnya dari tirai jendela.
“iqbaal cayang... makasih ya,kamu masih setia nemenin papa. Maafin aku yang udah marahin kamu seharian ini ya..” bisik (nk) sambil ngeliat iqbaal. Abis ngomong itu (nk) langsung kembali ke kasur and tidur lagi.
Papanya (nk) kemudian ngajak iqbaal keluar rumah buat ngambilin sampah2 kecil yang berserakan di sekitar kompleks. Iqbaal nurut aja walaupun matanya udah ngantuk berat. Setelah di masukin ke kantong kresek,sampah2 itu di bawa dan di kumpulin lagi di depan rumah. Iqbaal makin ngantuk dan gak denger papanya (nk) ngoceh ngomongin apa.
“nah,biar gak terlalu dingin,mending kita bakar sampah”,papanya (Nk) langsung membakar sampah yang udah di kumpulin itu. Lalu tiba-tiba........
CRASH!!
DUARRRR!!!!
BLAMMM!!!!
PLETAKKK!!!!
BUMMM!!!!!
JLEGER!!!!!!!
“HUWAAAAAA!!!!!”
Suara petasan dan mercon yang tiba2 nyala dari dalam sampah,bikin iqbaal dan papanya (nk) kaget setengah mati. (nk),mamanya,pembantunya dan para tetangga langsung pada bangun. Mereka dengan serempak menjerit menggunakan toak masing2.
“ADA BOOOMMM!!!! TERORISS!!!!!”
Suasana di perumahan (nk) ngedadak heboh kayak mau nyambut tahun baru. Papanya (nk) kalang kabut . iqbaal termangu,sambil nepok jidatnya.
“MAMPUS GUE! ITU KEMBANG API SAMA MERCON YANG GUE BUANG TADI!”
Dan gak bakalan sampai sejam,semua warga kompleks bakal ngedatengin rumah (nk) buat mengetahui apa yang terjadi. Iqbaal jadi panik beegitu pula dengan (nk). (nk) langsung nyamjperin iqbaal .
“baal,ini ada apaan sih ada bom teroris yah?”
“gue juga gak tau” iqbaal menjawab dengan wajah WATADOS.
“(nk).. maafin gue ya! Gue gak mau hubungan kita hancur. Gue cinta banget sama lo.please maafin gue”sambung iqbaal sambil memohon kepada (nk).
“iya dehh gue maafin.”
Mereka berdua pun berpelukan di tengah suasana yang heboh itu. Sementara para warga kompleks mendatangi rumah (nk) dengan wajah panik dan kalang kabut untuk mengetahui apa yang barusan terjadi.
-------------------THE END-------------------

GIMANA SERU GAK??
LIKE DAN COMMENT DULU DONG!
NO BULLY
YANG BULLY GAK BISA BACA

@sittynurhasana1

0 Response to "Cerita Lucu : Keluarga Lebay"

Posting Komentar